WAKTU

PicsArt_11-01-08.31.12

1 detik yang lalu adalah masa lalu….

Tanpa sadar setiap detik, menit, hari hingga tahunan berlalu.. banyak kisah yang telah dilalui, banyak cerita yang telah dijalani, banyak pengalaman yang telah ditempuh dalam setiap momen waktu tersebut…

Tanpa sadar sahabat datang dan pergi, kesedihan, kebahagiaan datang silih berganti, tanpa kita sadari pula, wajah yang dahulu muda kemudian berangsur menjadi dewasa, sahabat yang dahulu sejak kecil dan remaja main bersama kemudian mereka telah menjalani kehidupan rumah tangga, tanpa disadari semuanya berubah, berganti, dan menjadi sebuah masa lalu..

Kedua orang tua pun semakin menua, atau telah kembali kepada Rabb.. tanpa sadar generasi terus berubah, zaman berganti, satu persatu hilang diganti oleh generasi baru.

Sahabat yang dahulu bersama, tanpa disadari ada yang kembali terlebih dahulu kepada Allah SWT, canda tawa yang dahulu dijalani bersama, kemudian akan pudar di telan oleh waktu..

Momen kebahagiaan yang dahulu dirasa hanya sebuah cerita… kepedihan yang telah dilalui hanya sebuah kenangan… semua yang telah terjadi telah tercatat di dalam memori setiap orang yang pernah hadir di dalam hidup kita..

Di dalam hati ingin kembali merasakan momen saat menjadi kecil, saat canda, tawa, cerita, kesedihan, dan kebahagiaan menjadi sebuah pembelajaran berarti. Momen saat bersama keluarga, sahabat, dan orang yang kita cintai…Seakan waktu itu baru terjadi kemarin.. tapi itu semua adalah masa lalu..

Pernah kah berpikir, ketika saat bersama, bahwa perpisahan itu akan terjadi, tetapi kita mengabaikan dan meremehkan hal tersbut, padahal momen tersebut tidak akan pernah terulang , memang benar adanya waktu yang berharga adalah saat kita tahu bahwa itu adalah momen terakhir yang akan dilalui..

Saat perpisahan, terasa biasa saja saat itu, tapi kemudian seiring berjalan waktu kita sadar bahwa perpisahan adalah sesuatu yang tidak ingin kita lewati… Ingin hati selalu terisi oleh kebahagiaan, canda tawa, cerita dan kisah yang dilalui bersama keluarga, orang tua, dan yang kita cinta…

Tanpa kita sadar hal yang bisa terjadi saat dahulu, ternyata adalah saat berharga yang kita rasakan saat ini, momen saat makan bersama ayah ibu, kakak atau adik yang dahulu rutin kita jalani, kemudian terasa berharga karena momen tersebut tidak akan bisa terulang. Momen saat ibu kita mempersiapkan bekal sarapan, kemudian ketika kita mencium kedua tangannya saat hendak sekolah adalah hal yang bisa saat itu, tapi sungguh momen itu menjadi sebuah kenangan yang rasanya ingin di ulang kembali. Obrolan dan berkumpul bersama sahabat yang biasa kita lalui saat masih di bangku sekolah, yang kita anggap adalah hal tanpa makna, sekarang terasa sangat di rindukan..

Waktu memang berlalu cepat… masih banyak cerita yang ingin dijalani bersama dengan semua kebahagiaannya, tapi hidup harus terus maju ke depan, waktu terus menuju kedepan, siap atau tidak siap, semua yang di cintai akan kembali kepada-Nya, dan tanpa sadar kita juga akan kembali kepada-Nya.. pada akhirnya yang berarti bukanlah tentang waktu, tetapi yang berarti adalah kenangan, cerita dan momen yang telah di isi dari setiap waktu tersebut, berikanlah sebuah kisah makna untuk cerita yang akan dijalani nanti..

1 detik yang lalu adalah masa lalu… 1 detik di depan, entahlah.. hanya Allah SWT yang tahu

Terima kasih untuk semua yang telah mengisi setiap detik yang di jalani….

Van Hasseltlaan, Delft, 041115.21:57

Advertisements

2 thoughts on “WAKTU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s