Menjaga Niat

20180613_055523.jpg

Niat itu tak terlihat secara nyata, dirasa mungkin tindakan mulia, tapi bisa jadi di dasar lubuk hati, ada keinginan selain meraih ridho-Nya..

Berbagi dalam diam, tapi diri ingin dipuji, berjuang dengan heroik, terlihat memiliki kharisma seorang syuhada, tapi ada harap dari pujian manusia..

Ibadah terpancarkan pesona syurga, tilawah Al-Qur’an yang diperdengarkan membuat kagum orang yang mendegarkan, tapi dikalimat Allah SWT yang dibacakan terselip rasa bangga atas pujian-pujian manusia yang didapatkan hingga muncul rasa ingin dinilai sebagai sosok mulia..

Dalih berjuang berdakwah hanya untuk Allah SWT, tapi tatkala semua penghargaan atas perjuangan yang dilakukan, diri semakin jauh dari kelurusan atas niat yang mulai bergeser..

Hati gelisah saat tak ada puji, saat akhlak mulia yang ditunjukkan tak mendapat apresiasi..

Ibadah mungkin terlihat istimewa dimata manusia, tapi disisi-Nya menjadi tak bernilai, layaknya buih-buih lautan yang menumpuk, tapi hilang tatkala ombak menyapu..

Hati tempat berlabuh berbagai perasaan..Berbaur dengan harap dan cemas, menyatu dengan pujian ataupun cercaan..Menjaganya bukanlah perkara mudah.. Tatkala nafsu hati berbisik “Dirimu adalah sosok mulia dan pantas untuk dipuji”.. Maka menepilah, merendahlah, ingatlah semua dosa-dosa.. Surga  bukan ditentukan oleh amal yang terlihat mulia, tapi ridho Allah SWT atas ketulusan ibadah yang dijalani..

Menepilah dari semua pujian dan label masyarat yang menyebut diri ini mulia karena disatu bagian kehidupan Rasulullah terekam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Mulim, berkisah tentang mereka yang terlihat mulia di dunia, justru ‘kemuliaan dunia’ itu membawanya ke lembah neraka..

Hiduplah dengan apa adanya, sungguh, hidup yang hanya bersandar kepada Allah SWT menjadikan hati lebih tenang karena kita menyadari semua yang diberikan Allah SWT adalah yang terbaik untuk hidup di dunia dan akhirat nanti..

Wallahu’alam bish-shawab

Serang.220618.06:06

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s